Radius: Off
Radius:
km Set radius for geolocation
Search

Wings Layani Rute Kuala Namu-Sabang

Wings Layani Rute Kuala Namu-Sabang

SABANG – Pesawat Wing Air tipe ATR 72 seri 500 dan 600 berkapasitas 72 seat akan melayani penerbangan dari Bandara Kuala Namu, Medan ke Sabang dan sebaliknya setiap Selasa, Kamis, dan Minggu. Penerbangan ini akan dimulai Kamis, 8 Desember 2016. Sedangkan Garuda yang sudah melayani penerbangan rute ini sejak 6 Februari 2015, masih tetap terbang untuk rute yang sama setiap Jumat dan Minggu.
Kepastian beroperasinya maskapai Lion Air Grup ini disampaikan oleh Area Manager Sumatera Lion Air, Juli Aspita, kepada Serambi usai pertemuan dengan Plt Wali Kota Sabang T Aznal Zahri di ruang kerja Wali Kota lantai tiga, Kamis (24/11). Dalam pertemuan ini turut hadir para pejabat Pemko Sabang, yaitu Asisten Administrasi Umum, Drs Kamaruddin, Kadishubkomintel Irawadi, Kadisbudpar Zulfi Purnawati, Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Faisal, dan Kabag Ekonomi Abdul Kadir.
Menurut Juli Aspita, pesawat itu berangkat dari Kuala Namu pukul 12.20 WIB dan tiba di Sabang pukul 13.30 WIB. Berangkat kembali dari Sabang pukul 13.55 WIB dan tiba di Medan pukul 15.05 WIB. “Harga tiket terjangkau mulai dari Rp 462.800 sekali terbang. Kita masih akan mencoba menyampaikan ke kantor pusat untuk dibuka di bawah harga itu,” kata Juli Aspita.
Juli Aspita menambahkan pembukaan penerbangan komersil Kuala Namu-Sabang dan sebaliknya itu atas permintaan masyarakat dan Pemko Sabang. Pasalnya, semakin meningkat kunjungan wisata ke daerah kepulauan ujung paling barat Indonesia ini.
“Wacana pembukaan penerbangan Kuala Namu-Sabang itu sudah lama. Namun, karena keterbatasan ketersediaan pesawat, maka penerbangan ke kawasan itu baru sekarang dapat dilakukan,” katanya.
Menurut Juli Aspita, pembukaan rute penerbangan tersebut kini juga tak ada lagi masalah. Semua izin, termasuk izin dari TNI AU (Lanud) Maimun Saleh dan izin dari Kementerian Perhubungan sudah didapat. Kini hanya tinggal menunggu penerbangan perdana yang dimulai 8 Desember 2016.
Sedangkan Kadishubkomintel Sabang, Irawadi mengatakan meski sudah ada penerbangan rute tersebut menggunakan Wings Air, penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang sudah buka sejak Februari 2015 tetap berjalan seperti biasanya, yakni terbang dua kali seminggu setiap Jumat dan Minggu.
Sementara itu, Plt Wali Kota Sabang, T Aznal Zahri, mengaku sangat menyambut baik inisiatif Maskapai Penerbangan Lion Air membuka rute penerbangan Kuala Namu-Sabang dan sebaliknya, sehingga kunjungan wisata ke Sabang terus meningkat.
Sehubungan dengan itu, pihaknya meminta maskapai penerbangan tersebut untuk bisa mempromosikan Sabang dengan cara penerbangan Sabang-Kuala Namu bisa disampaikan di seluruh Indonesia, sehingga rute Sabang-Kuala Namu bisa konek ke banyak daerah di Inondonesia. (az)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai