Apa Sebenarnya cybersecurity dan mengapa itu Penting?

0
66

Serangan siber kerap terjadi dengan mencuri data pengguna internet dan menyebabkan rentannya kehilangan data keuangan. Temukan cara para ahli cybersecurity melindungi datanya dan pelajari apa yang mereka lakukan.

Keamanan siber berfokus pada perlindungan informasi elektronik di situs web, jaringan, atau perangkat dari peretas. Dengan teknologi terbaru dan canggih, para ahli cybersecurity membantu data tetap aman dan dapat diakses.

Baik pengguna Individu maupun bisnis sama-sama menghadapi cybersecurity. Semua perlu perlindungan terhadapa akses data yang tidak sah. Keamanan yang kuat mengurangi kemungkinan serangan siber.

Di dunia politik saat ini juga sangat diperlukan keaman data. Seperti database pendaftaran pemilih dan teknologi digital yang digunakan untuk menghitung, menampilkan, dan mengonfirmasi hasil pemungutan suara.

Untuk individu bisa mengambil langkah-langkah sederhana seperti menggunakan aplikasi pengelola sandi. Tetapi untuk perusahaan atau organisasi besar, mereka membutuhkan cybersecurity yang lebih tangguh dan canggih.

Kejahatan siber
Ilustrasi Gangguan Siber oleh Haker

5 Alasan mengapa cybersecurity itu penting

Jutaan orang Indonesia berbagi informasi pribadi di internet setiap harinya, ada yang melakukan pembelian online ataupun melaksanakan transaksi keuangan.

Mengapa pentingnya cybersecurity?

Pertama, Kasus kejahatan dunia maya terus meningkat. Kejahatan menyebabkan gagguan besar. Studi menemukan adanya peningkatan kejahatan siber sebanyak 400% rentang tahun 2019-2020. Kedua, Data pribadi Anda sangat penting. Penjahat dunia maya ini mencari data pribadi, termasuk informasi keuangan. Data itu berharga. Ketiga, Serangan siber bisa menghancurkan ekonomi. Serangan Ransomware dapat membuat perusahaan bangkrut, mengganggu pasar keuangan. Keempat, Perangkat Anda dapat dieksploitasi. Kelima, Serangan siber merupakan ancaman nyata.

Bagaimana cara Anda melindungi dari peretas dan serangan siber?

pertama, Buat kata sandi yang kuat. Jangan gunakan kata sandi yang sama di berbagai platform. buat kata sandi unik dan komplek.

Kedua, Jika ada pelanggaran segera ubah kata sandi.

Ketiga, Kenali upaya pishing. Hati-hati terhadap email yang masuk, apalagi meminta pelanggan untuk “memverifikasi” detail.

Keempat, Install Anti Virus. Program yang bisa mengamankan kata sandi anda, melindungi data Anda dari malware, virus dan serangan siber lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini