Rabu , 28 Februari 2024

Berapa Banyak RAM yang dibutuhkan Komputer dengan Sistem Windows 11?

Teknologi | aceh.co.id

Random access memory atau biasa disebut dengan “RAM” – sangat penting bagi Operasi System (OS) komputer Anda untuk membuka, menjalankan, dan mengelola program, aplikasi, dan layanan.

Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan dalam waktu bersamaan.

Tetapi jika Anda hanya memiliki sedikit RAM, PC Anda terlihat merangkak dan menjadi sangat lamban.

Tetapi, menggunakan banyak RAM lebih dari yang dibutuhkan ke dalam PC dapat membuang-buang uang.

Berapa RAM minimum yang bisa Anda gunakan di Windows 11?

Kembali ke Windows 10, Anda dapat menginstal Windows 32-bit pada PC dengan hanya 1GB RAM. Versi 64-bit dibutuhkan dua kali lipat, minimum menggunakan RAM 2GB.
Dan itu benar-benar minimal. Anda bisa mengatasinya, tetapi kadang-kadang bisa menyakitkan dan terasa sangat lamban dalam menggunakan PC.

Untuk Windows 11, banyak hal telah berubah, dan Microsoft telah meningkatkan minimum menjadi 4GB. Ini peningkatan yang besar, tapi anehnya, dengan cepat terasa seperti minimum. Saya telah melihat sistem di mana setelah semuanya di-boot dan siap digunakan, sistem memiliki sekitar satu gigabyte RAM tidak terpakai.

Berapa banyak RAM yang benar-benar dibutuhkan PC Windows 11 Anda?

Nah, Anda bisa menggunakan dengan minimum 4GB. Namun mulai menjadi sedikit lamban setelah Anda menjalankan Google Chrome dengan beberapa tab terbuka, atau Anda mencoba membuka editor foto dan aplikasi editor lainnya.

Lupakan untuk menginstall aplikasi edit video (kecuali jika Anda hanya melakukan pemotongan dan menyambung video) atau bermain game dengan kualitas bagus.
Itu hanya akan berakhir dengan frustrasi.

Jika Anda menginginkan PC yang tidak membuat Anda frustrasi, Menambahkan RAM menjadi 8GB akan memberi Anda lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas. Google Chrome akan terasa jauh lebih tajam, pengeditan foto dan video menjadi kenyataan, dan Anda juga memiliki RAM yang cukup untuk bermain game.

Saya telah melakukan banyak pengujian terhadap beberapa operasi sistem yang berbeda, dan saya merekomendasikan agar menggunakan minimal 8GB RAM pada PC yang menggunakan Windows 11.

Apakah bisa menggunakan lebih dari 8GB RAM?

Tentu bisa, tetapi keuntungannya mulai berkurang.
Jumlah RAM sebanyak 8GB menjadi berguna ketika Anda menjalankan beberapa aplikasi berat sumber daya secara bersamaan terutama pemrosesan gambar kelas atas atau video 4K+, aplikasi Auto CAD, atau pemodelan 3D.

Jika Anda menjalankan aplikasi seperti Premiere Pro, Photoshop, dan After Effects bersamaan pada sistem dengan RAM 8GB, semuanya akan mulai terasa lamban. Pada sistem dengan 16GB atau lebih, ini tidak menjadi masalah.

Memiliki lebih dari 8GB juga berguna jika Anda menggunakan alat virtualisasi secara ekstensif seperti Microsoft Hyper-V atau VMware Workstation, terutama jika Anda menjalankan beberapa mesin virtual secara bersamaan.

Akan tetapi, untuk meningkatkan kapasitas RAM dari 8 Gb menjadi 16 GB dan seterusnya, tentunya hal ini akan menghabiskan banyak biaya.


Apakah PC game membutuhkan RAM 24/32GB?

Sebagian besar, tidak.
Saya melihat banyak sistem game dengan RAM 24GB atau bahkan 32GB dan lebih, dan meskipun itu bagus karena menawarkan overhead, namun sebagian besar RAM ini tidak terpakai di PC.

Jika punya uang lebih, tentu saja, belilah RAM, tetapi Anda sebaiknya membelanjakan uang itu untuk membeli Harddisk SSD yang lebih cepat atau kartu grafis yang lebih baik .

Penting untuk diingat bahwa PC yang cepat dibangun dari pilihan komponen yang cepat. Menempatkan banyak RAM dalam sistem dengan hambatan lain — CPU lambat , penyimpanan lambat, kartu grafis buruk — hanya membuang-buang uang saja.

Berapa jumlah maksimum RAM yang didukung Windows 11?

Setiap versi Windows 11 memiliki jumlah maksimum RAM yang dapat didukungnya.
• Windows 11 Enterprise: 6 TB
• Windows 11 Education: 2 TB
• Windows 11 Pro for Workstations: 6 TB
• Windows 11 Pro: 2 TB
• Windows 11 Home: 128 GB

Check Also

Dianggap Monopoli, Google di Gugat Perusahaan Denmark

Meskipun Google Menghapus Akun Gmail, Anda Bisa Menjaga Keamanan Akun Anda, Selama Anda Melakukan Hal Ini

Aceh.co.id|Google akan menghapus ribuan akun Gmail dalam tiga bulan mendatang, tepatnya pada Desember 2023. Ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *