Menjaga Kesehatan Mental Kita

0
296

Kesehatan mental kita sangat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, memengaruhi cara kita merespons stres, bagaimana kita mengambil keputusan, bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain, rasa puas dan tujuan kita di kehidupan ini.

Maka, sangat penting bagi kita untuk mengambil langkah langkah dan benar-benar memikirkan kesehatan mental kita secara menyeluruh, bukan hanya karena kurangnya kelainan mental.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESEHATAN MENTAL ANDA

GENETIKA

Penelitian yang dilakukan para ahli kedokteran telah menemukan bahwa gen kita memainkan peranan penting dalam kesehatan mental dan kesejahteraan kita. Tingkat kebahagiaan dasar Anda , misalnya, adalah sekitar 50% ditentukan oleh gen Anda. Jika ibu dan ayah adalah seorang pemarah, kemungkinan Anda akan cenderung menjadi pemarah juga.

Dan, tentu saja, jika kerabat dekat Anda memiliki gangguan mental, maka Anda juga berisiko lebih tinggi untuk penyakit mental.

Sekarang, sebelum Anda mulai berpikir bahwa ini terdengar terlalu fatalistis, sebagian besar kesehatan mental Anda juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang dapat Anda kendalikan.

Anda mungkin cenderung mengalami kecemasan, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak kecemasan Anda pada hidup Anda. Anda dapat bekerja dengan terapis untuk mengidentifikasi hal-hal yang membuat Anda cemas dan mempelajari strategi koping yang membantu Anda mengatasi kecemasan Anda setiap hari. Anda dapat membaca buku dan bermeditasi.

PENGALAMAN DAN TRAUMA KEHIDUPAN

Inilah yang lebih mengejutkan: pengalaman buruk dan trauma dapat mengacaukan kehidupan Anda.

Memiliki hal-hal baik seperti pekerjaan yang Anda sukai, teman dan keluarga yang dapat Anda andalkan, dan kesehatan Anda tetap utuh, Anda cenderung memiliki kesehatan mental yang baik. Jika Anda membenci diri sendiri, hidup Anda dan orang-orang di dalamnya, maka kesehatan mental Anda akan menderita.

Beberapa tingkat trauma tidak dapat dihindari. Kita semua bisa kacau dalam satu masalah dengan masalah lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap orang mengalami setidaknya empat atau lima pengalaman traumatis dalam hidup mereka.  Ini dapat mencakup segala sesuatu mulai dari kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, ketakutan kesehatan, atau, dalam kasus yang parah, penganiayaan fisik dan psikologis seperti konfil daerah berkepanjangan.

Waktu di mana kita mengalami trauma juga dapat memengaruhi seberapa besar dampaknya pada kita. Trauma yang dialami di awal kehidupan memiliki peluang lebih besar untuk menyebabkan masalah sepanjang hidup kita. Tetapi trauma sebagai orang dewasa dapat memiliki efek yang lebih parah juga.

Tapi ada satu hal: trauma, meski mengerikan, tidak harus mengacaukan kita begitu lama. Faktanya, kebanyakan orang tidak melihat kesehatan mental mereka menderita karena trauma. Faktanya, bagi kebanyakan orang, ternyata trauma justru bisa mendorong kita untuk tumbuh sebagai individu .

*Dari berbagai sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini