5 Langkah Membuat Rencana Pemasaran yang Luar Biasa Mantap

0
103

Pemasaran | Digital Marketing

Bagaimana Membuat Rencana Pemasaran

  1. Lakukan analisis situasi.
  2. Tentukan audiens target Anda.
  3. Tulis tujuan SMART.
  4. Analisis taktik Anda.
  5. Tetapkan anggaran Anda.

Analisis situasi

Sebelum menjalankan rencana pemasarannya, Kamu harus mengetahui situasi dan kondisi Kamu saat ini.

Apa yang Kamu miliki? Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Kamu? Melakukan analisis SWOT dasar adalah langkah yang pertama dalam membuat rencana pemasaran.

Selain itu, Kamu juga harus memiliki pemahaman tentang kondisi pasar saat ini. Bagaimana Kamu jika dibandingkan dengan pesaing bisnis Kamu? Melakukan analisis pesaing akan membantu Anda dalam langkah ini.

Coba bayangkan tentang bagaimana produk lain lebih bagus dari produk Kamu. Apa kekurangan mereka? Apa yang bisa kamu tawarkan yang bisa membuat kamu lebih unggul dan lebih baik.

Menjawab pertanyaan diatas akan membantu Kamu mengetahui apa yang di inginkan pelanggan.

Tentukan Target Kamu

Setelah Kamu memiliki pemahaman yang bagus tentang pasar dan situasi Bisnis Kamu, pastikan Kamu mengetahui target Kamu.

Jika Bisnis Kamu sudah memiliki persona, mungkin Kamu hanya perlu menyempurnakan persona Kamu saat ini.

Jika Kamu tidak memiliki persona pembeli, Kamu harus memulai membuatnya. Untuk melakukan ini, Kamu mungkin harus melakukan riset pasar.

Persona Pelanggan Kamu harus menyertakan informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, dan pendapatan. Namun, itu juga akan mencakup informasi psikografis. Apa yang mendorong Pelanggan Kamu? Masalah apa yang mereka miliki yang dapat diperbaiki oleh produk atau layanan Kamu?

Tentukan Tujuan

Kamu tidak bisa meningkatkan pemasaran Kamu kecuali Kamu sudah tau apa tujuan Kamu.

Setelah Kamu mengetahui situasi Kamu sekarang dan mengetahui Audien Kamu, Kamu dapat memulai menetukan tujuan dan arah pemasaran Kamu.

Misalnya, tujuan Kamu adalah meningkatkan Follower akun Instagram Kamu sebesar 10% dalam dua bulan. Bergantung pada tujuan pemasaran Anda secara keseluruhan, ini harus relevan dan dapat dicapai. Selain itu, tujuan ini spesifik, terukur, dan terikat waktu.

Analisis taktik 

Pada tahap ini, Kamu telah menemukan tujuan Kamu berdasarkan target pasar dan situasi saat ini.

Sekarang, Kamu harus mencari taktik apa yang bisa membantu Kamu dalam mencapai tujuan Kamu. Tindakan apa yang cocok untuk fokus pada tindakan itu.

Misalnya, jika tujuan Kamu ingin meningkatkan Follower Instagram Kamu sebesar 10% dalam dua bulan, taktik Kamu mungkin termasuk mengadakan giveaway, menanggapi setiap komentar, dan memposting tiga kali di Instagram per minggu.

Tetapkan anggaran

Sebelum memulai menerapkan ide yang Kamu temukan pada langkah sebelumnya, Kamu harus mengetahui anggaran Kamu.

Misalnya, taktik Kamu mungkin termasuk memasang iklan media sosial. Namun, jika Kamu tidak memiliki anggaran untuk itu, maka Kamu mungkin tidak dapat mencapai tujuan itu.

Saat Kamu menentukan taktik, pastikan untuk mencatat perkiraan anggaran. Kamu dapat memasukkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap taktik selain aset yang mungkin perlu di beli, seperti ruang iklan.

Sekarang setelah Kamu sudah mengetahui cara membuat rencana pemasaran yang bagus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini