Kamis , 21 September 2023

Tips Membeli Motor Bekas

Mengetahui nomor mesin dan rangka motor adalah saran selanjutnya saat membeli motor bekas. Nomor rangka dan mesin harus sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan.

Seringkali terlewatkan, bagian ini bisa sangat fatal. Jangan beli jika nomor tidak sesuai dengan surat. Karena kendaraan tersebut mungkin dicuri. Selain itu, Anda akan mengalami kesulitan ketika Anda perlu mengurus surat kendaraan di masa depan.

Lihat bodi motor.

Setelah Anda memastikan bahwa surat dan nomor sesuai, Anda dapat melanjutkan ke pengecekan kondisi fisik motor. Pengecekan ini pasti lebih mudah karena sangat terlihat dengan jelas.

Dalam kondisi yang baik, kendaraan tidak memiliki goresan, penyok, atau retak yang merupakan hasil dari jatuh atau tabrakan. Tanyakan apakah semua suku cadang yang digunakan asli dan tidak dimodifikasi.

Untuk menghindari penipuan, lebih baik untuk memberi tahu kerabat Anda yang benar-benar mengenal motor sehingga mereka tahu apakah jawaban penjual jujur tentang kondisi motor.

Lihat kualitas oli.

Mengetahui kondisi oli kendaraan adalah saran tambahan untuk membeli motor bekas. Lihat apakah ada oli berlebihan. Oli dalam kondisi baik akan meredam suara mesin.

Untuk memastikan bahwa kendaraan Anda masih menggunakan oli yang baik, Anda harus mengukur kapasitas oli dengan pengukur batas maksimal yang biasanya terletak pada penutup oli. Langkah ini jelas sangat penting.

Menghidupkan mesin

Anda dapat menghidupkan kendaraan apabila kedua hal di atas berjalan dengan baik. Anda dapat mengetahui apakah suara mesin masih halus dengan membiarkan motor menyala. Untuk melakukan ini, Anda tidak perlu menambah gas.

Selain itu, mesin yang dinyalakan tanpa digas dan putaran mesin di bawah 1500 rpm biasanya akan tampak bermasalah atau tidak. Mati tiba-tiba adalah tanda bahwa ada masalah dengan mesin.

Periksa fungsi spidometer.

Speedometer selalu diuji, dan ini adalah tip penting saat membeli motor bekas. Karena fungsinya yang sangat penting untuk motor, komponen ini harus bekerja dengan baik saat dijalankan.

Selain itu, indikator seperti penghitung jarak, lampu, dan bahan bakar juga harus berfungsi dengan baik. Anda dapat memastikan bahwa panelnya tidak bermasalah atau mati dengan mengendarainya, menurut Suzuki Indonesia.

Facebook Comments Box

Check Also

Porsche Cayenne

Mobil Porsche Cayenne Terbaru Makin Menarik

Porsche Cayenne terbaru adalah salah satu mobil SUV yang luar biasa dengan kombinasi performa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *